Kamis, 08 Juli 2010

Pengertian dan fungsi Software

Pengenalan Software Komputer

A. Defenisi Software
Hampir seluruh aspek kehidupan manusia saat ini tidak dapat dilepaskan dari teknologi, khususnya teknologi komputer. Dapat dilihat bahwa untuk menuliskan suatu dokumen, orang cenderung sudah meninggalkan mesin ketik manual dan sudah digantikan perannya oleh komputer.
Untuk menjalankan sebuah komputer, diperlukan sebuah sistem yang dapat mengatur/ mengontrol kegiatan perangkat keras (hardware) komputer serta berfungsi sebagai pengeksekusi perintah komputer. Sistem yang terintegrasi ini disebut software.

Adapaun Software (perangkat lunak) adalah komponen-komponen berupa program-program atau instruksi-instruksi yang digunakan untuk menjalankan suatu operasi tertentu atau untuk mengontrol sistem kerja komputer. Pada umumnya istilah software menyatakan cara-cara yang menghasilkan hubungan yang lebih efisien antara manusia dan mesin komputer.
Software adalah rangkaian instruksi elektronik yang memerintahkan komputer untuk melakukan tugas tertentu sesuai dengan perintah yang di berikan oleh seorang pengguna komputer. Rangkaian instruksi itu disebut dengan ”program”. Software juga dikenal dengan sebutan “perangkat atau piranti lunak komputer”.

Dengan demikian, fungsi dari software komputer adalah:
• Membuat semua peralatan yang ada dalam seperangkat komputer dapat bekerja sesuai dengan fungsinya masing-masing.
• Sebagai sistem operasi untuk perangkat elektronik yang menggunakan basis sistem komputer.
• Sebagai media penghubung antara komputer dan pengguna agar terjadi kerjasama yang menghasilkan output sesuai keinginan pengguna komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment only